Spesies "Raja Tawon" Ditemukan di Sulawesi

Kamis, 29 Maret 2012

 
detail berita
Tawon dari Sulawesi (foto: Dailymail)
CALIFORNIA - Seekor spesies baru tawon yang ditemukan di Sulawesi Tenggara ini punya rahang yang lebih panjang ketimbang kakinya. Ditambah dengan ukurannya yang begitu besar membuatnya terlihat seolah raja tawon.

Diwartakan Dailymail, Minggu (25/3/2012), Lynn Kimsey, profesor entomology (ahli serangga) di University of California mengatakan, "Rahangnya begitu besar sehingga membungkus kedua sisi kepala saat tertutup. Dan ketika dibuka, rahang itu sebenarnya lebih panjang ketimbang kaki depannya sendiri."

"Saya akan menamainya Garuda, seperti simbol Indonesia. Saya belum pernah melihat spesies Dalara yang serupa ini. Saya dan rekan-rekan tidak mengetahui apapun tentang biologi tawon tersebut. Satu-satunya yang diketahui hanyalah asalnya dari Sulawesi Tenggara," tambahnya.

Menurut Kimsey, rahang yang besar bisa saja memiliki peran penting pada pertahanan dan reproduksi.

Pada spesies lain dalam keluarga (genus) tawon tersebut, pejantannya bergantung di pintu masuk sarang dan melindunginya dari parasit serta perampokan sarang.
Atas tindakan itu, pejantan memperoleh kesempatan untuk mengawini betinanya setiap kali sang betina kembali ke sarang. Sebagai tambahan, rahang tersebut berukuran cukup besar untuk memegangi thorax di tubuh betinanya saat kawin.




Sumber:Okezone.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ViTy'S News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger