Pilih-Pilih Susu, Mana Yang Lebih Baik?

Senin, 19 Maret 2012

Lemak atau bebas lemak? Susu dikenal sebagai minuman sehat yang mengandung sumber lemak. Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih susu dengan label low fat, untuk menjaga berat badan.

Selain dari hewani, susu juga dapat dihasilkan dari nabati seperti kacang-kacangan. Tak heran jika setiap susu memiliki kandungan lemak yang berbeda. Label low fat pada kemasan, tidak menunjukan susu tersebut bebas lemak. Ini hanya merupakan petunjuk bahwa susu tersebut memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

Susu Kedelai
Terbuat dari kacang kedelai. Bebas kolesterol dan memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit. Di samping itu kedelai juga terkenal dengan bahan pangan yang kaya protein dan kalium. Susu ini biasanya dikonsumsi untuk mereka yang sedang berdiet. Satu cangkir susu kedelai biasanya mengandung 100 kalori dan 4 g lemak.

Susu Almond
Susu ini menjadi solusi bagi orang yang alergi dengan laktosa. Satu cangkir susu almond hanya mengandung 60 kalori. Jika dibandingkan dengan susu kacang kedelai, penelitian terhadap susu ini ternyata minim manfaatnya.

Susu Kambing
Menurut penelitian, susu kambing sangat mudah dicerna oleh tubuh dan memiliki antialergi yang baik. Satu cangkir susu kambing mengandung 170 kalori, 10 g lemak, dan 27 mg kolesterol.

Susu Sapi
Susu perahan hewan pemakan rumput ini memiliki kandungan kalori yaitu sekitar 80-150 kalori/ cangkir. Meski banyak manfaatnya, banyak orang yang beralih untuk lebih menikmati susu sapi yang sudah diproses hingga lemaknya berkurang, yaitu susu rendah lemak.

Susu Rami

Berbeda dengan susu lainnya, susu rami ini kontroversial karena terbuat dari tanaman ganja. Kaya asam lemak omega 3 dan bebas kolesterol. Secangkir susu rami mengandung 100 kalori dan 400 mg kalsium, jauh lebih besar dari susu sapi. (hp).

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ViTy'S News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger