Jauhi Tomcat, Jangan Jemur Baju Malam Hari

Jumat, 23 Maret 2012

detail berita
Tomcat (Foto: Wikipedia)
JIKA Anda pemilik lahan halaman rumah yang ditumbuhi rumput tebal tetapi tidak terjaga kebersihannya dan merasakan gatal akibat digigit serangga serta terasa panas, memerah setelah digaruk, waspada Anda terserang serangga tomcat.

Tomcat merupakan predator pemakan hama-hama tanaman padi dan jagung, yang kini sedang mencari habitat baru yang mirip ladang padi atau jagung.

"Tomcat hidup di tempat yang lembap dan terang. Mereka bersarang di rumput-rumput tebal. Jadi, saya menghimbau bagi masyarakat yang memiliki pekarangan rumah berumput, harap diperhatikan kebersihannya agar tak menjadi sarang serangga tomcat ini," tutur Ir Alexandre S Siahaya MT, Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas pertanian Kota Surabaya saat dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Selasa (20/3/2012).

Lebih lanjut Alex menyarankan masyarakat agar tidak menjemur pakaian di malam hari, karena tomcat senang bersarang di pakaian lembap yang disinari cahaya terang dari lampu.

"Juga hindari menjemur pakaian di malam hari karena mereka suka tempat lembap dan terang. Kalau malam hari warga menjemur pakaian biasanya di atas jemurannya dipasangkan lampu terang. Nah, tomcat suka berada di sana karena pakaian yang dijemur lembap dan ada cahaya terang. Bahaya jika mereka mengeluarkan toksin di pakaian atau handuk yang dijemur, itu dapat membuat manusia terkena racunnya," ulasnya.

Sumber dari:Okezone.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ViTy'S News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger